Analisis Kualitas Layanan Situs Kiostix.com Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0
Kata Kunci:
e-Commerce, Kiostix.com, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan, Webqual 4.0, Regresi LinearAbstrak
Kiostix.com merupakan salah satu e-Commerce yang menyediakan pelayanan kepada pengguna dengan cara memberikan informasi dan melakukan transaksi jual beli tiket event yang sedang berlangsung di Indonesia maupun sekitar. Beberapa waktu lalu, tepatnya akhir tahun 2016 kiostix.com mendapati sebuah masalah dalam hal pelayanan yang diberikan pada situs tersebut. Hal tersebut yang dibahas dalam penelitian ini dengan tujuan dapat mengetahui kualitas website milik kiostix.com yang kemudian akan dihubungkan dengan kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan bantuan metode webqual 4.0 yang memiliki 3 dimensi pengukur kualitas website yaitu usability, information quality, dan service interaction quality dimana akan dihubungkan kepada variabel customer satisfaction. Penelitian menggunakan metode penyebaran kuesioner untuk mendapatkan data dari responden, responden dalam kuesioner ini adalah pengguna kiostix.com yang pernah melakukan transasksi pada situs, jumlah data responden yang diuji sebanyak 61. Pengujian dilakukan dengan analisis regresi linear berganda. Hasil yang didapatkan yaitu hanya dua variabel yang memiliki hubungan yang siginifikan dengan kepuasan pelanggan kiostix.com yaitu variabel usability dan service interaction quality, namun variabel service interaction memberikan nilai negatif terhadap kepuasan pelanggan. Jika diuji secara keseluruhan, ketiga variabel tersebut memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan kiostix.com.