Analisis Sentimen Pada Ulasan "Lazada" Berbahasa Indonesia Menggunakan K-Nearest Neighbor (K-NN) Dengan Perbaikan Kata Menggunakan Jaro Winkler Distance
Kata Kunci:
analisis sentimen, perbaikan kata, k-nearest neighbor (K-NN), jaro winkler distance, accuracy, precission, recallAbstrak
Perkembangan sebuah teknologi informasi saat ini membawa dampak yang cukup besar terhadap pola hidup masyarakat salah satunya pada daya beli. Saat ini daya beli masyarakat lebih cenderung berbelanja secara online karena dianggap lebih mudah. Namun, bagaimana konsumen mengetahui jika barang yang akan dibeli bagus atau sebaliknya, oleh karena itu muncul adanya suatu ulasan atau komentar pada setiap barang yang dijual. Ulasan pada suatu barang membawa pengaruh yang cukup besar terhadap daya beli konsumen untuk mengetahui kualitas barang tersebut, tidak heran jika sebuah ulasan menjadi salah satu tujuan utama yang dilihat oleh konsumen setelah harga, tetapi tidak semua ulasan yang diberikan konsumen dapat dimengerti oleh konsumen lain dikarenakan penggunaan kata yang disingkat, penggunaan bahasa modern, salah dalam mengetik huruf, dan tidak bakunya kata yang digunakan dalam penulisan ulasan. Dengan latar belakang diatas, peneliti mengusulkan pembuatan sistem Analisis Sentimen Pada Ulasan “Lazada†Berbahasa Indonesia Menggunakan K-Nearest Neighbor (K-NN) Dengan Perbaikan Kata Menggunakan Jaro Winkler Distance. Pengujian berdasarkan nilai precission, recall, dan accuracy pada masing-masing analisis sentimen tanpa perbaikan kata, maupun dengan perbaikan kata. Hasil pengujian dengan nilai accuracy yang baik terdapat pada analisis sentimen dengan perbaikan kata yakni 76 %, dengan nilai precission 0,76, dengan nilai recall 1.