Evaluasi Kualitas Kebergunaan, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Interaksi Pelayanan Pada Website Dinas Pendidikan Menggunakan Metode Webqual Dan Importance Performance Analysis (Studi kasus : Website Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan)
Kata Kunci:
Usability, Information Quality, Service Interaction Quality, Webqual, Importance Performance AnalysisAbstrak
Belum pernah dilakukan evaluasi terhadap website Dinas Pendidikan juga menjadi salah satu permasalahan dalam penelitian ini. Tujuan dilakukan evaluasi adalah untuk mengetahui kualitas usability, information quality, dan service interaction quality pada website Dinas Pendidikan Kab. Pasuruan. Sampel yang digunakan sebesar 100 responden dari populasi pengguna website, dengan teknik sampling simple random sampling. Pengumpulan data diperoleh dari penyebaran kuisioner kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan perhitungan importance performance analysis. Hasil statistik deskriptif bahwa ketiga variabel tersebut masuk dalam kategori tinggi. Hasil nilai gap variabel usability didapatkan -0.35, information quality sebesar -0.32, dan service interaction quality sebesar -0.36. Berdasarkan hal tersebut website belum memenuhi kualitas ideal yang diinginkan pengguna. Indikator yang perlu dilakukan perbaikan adalah desain warna web nyaman dilihat, jenis dan ukuran huruf mudah dibaca, warna background kontras dengan warna huruf, informasi up-to-date, informasi bermanfaat untuk pengguna, kemudahan berkomunikasi dengan organisasi (link ke SKPD), dan kecepatan merespon dan memberikan tanggapan.