Penerapan Named Entity Recognition Untuk Mengenali Fitur Produk Pada E-commerce Menggunakan Rule Template Dan Hidden Markov Model

Penerapan Named Entity Recognition Untuk Mengenali Fitur Produk Pada E-commerce Menggunakan Rule Template Dan Hidden Markov Model

Penulis

  • M Yusron Syauqi Dirgantara Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Mochammad Ali Fauzi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Rizal Setya Perdana Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

e-commerce, Named Entity Recognition, Hidden Markov Model, Rule Template, information extraction

Abstrak

Teknologi informasi dengan adanya internet memberikan dampak perkembangan perdagangan elektronik atau e-commerce yang memperoleh banyak popularitas. Data APJII tahun 2016 menyatakan sebanyak 130,8 juta penduduk Indonesia menggunakan internet untuk menawarkan barang dan jasa. Di dalam manajemen e-commerce terdapat customer service yang bertugas untuk menangani segala macam pertanyaan yang disampaikan oleh pelanggan. Penyampaian informasi oleh customer service biasanya melalui call center atau aplikasi chatting. Didorong kemampuan intelligent digital assistants chatbot banyak digunakan untuk membantu pekerjaan customer services. Dibutuhkan suatu analisis terhadap bahasa pelanggan pada chatbot agar dapat dikenali informasi apa saja yang terdapat pada pertanyaan tersebut, sehingga dibutuhkan klasifikasi dan ektrasi informasi agar mendapatkan informasi penting yang dibutuhkan oleh chatbot dalam menjawab pertanyaan dari pelanggan. Named Entity Recognition (NER) merupakan bagian dari ekstraksi informasi yang bertugas untuk pengklasifikasi teks dari sebuah dokumen atau korpus yang dikategorikan kedalam beberapa kelas seperti nama orang, lokasi, bulan, tanggal, waktu dan sebagainya. Ekstrasi nama secara otomatis dapat berguna untuk mengatasi beberapa permasalahan seperti pada mesin terjemahan, pencarian informasi, tanya jawab dan peringkasan teks. Pada penelitian ini NER yang dilakukan menggunakan metode Hidden Markov Model dan Rule Template dengan 6 entitas yaitu MEREK, TIPE, HARGA, SPEK, N_SPEK dan N_TAG. Secara keseluruhan pengenalan entitas yang dilakukan pada penelitian ini menghasilkan nilai akurasi pada Rule Template sebesar 97.20% dan nilai akurasi pada Hidden Markov Model sebesar 92.23%.

Unduhan

Diterbitkan

14 Feb 2018

Cara Mengutip

Dirgantara, M. Y. S., Fauzi, M. A., & Perdana, R. S. (2018). Penerapan Named Entity Recognition Untuk Mengenali Fitur Produk Pada E-commerce Menggunakan Rule Template Dan Hidden Markov Model. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(10), 3912–3920. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2791

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...