Pengembangan Permainan Trading Card Augmented Reality Bertema Perang Baratayuda

Pengembangan Permainan Trading Card Augmented Reality Bertema Perang Baratayuda

Penulis

  • Ramadhan Rizki Arga Putra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Wibisono Sukmo Wardhono Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Muhammad Aminul Akbar Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

augmented reality, iterative with rapid prototyping, trading card game, wayang

Abstrak

Trading Card Game (TCG) adalah permainan kartu populer yang menggunakan kartu berseri. Namun pada game tersebut pemain tidak bisa benar-benar melihat karakter yang ada pada kartu dalam bentuk nyata. Maka perlu dikembangkan TCG dengan konsep original tetapi dalam bentuk yang lebih interaktif dengan menggunakan grafis 3D untuk memvisualisasikan karakter dalam game. Game yang mengangkat budaya dan cerita wayang merupakan salah satu cara untuk mengenalkan budaya Indonesia pada generasi muda. Oleh karena itu, perlu dikembangkan suatu media Trading Card Game menggunakan teknologi Augmented Reality bertema Perang Baratayuda yang dikembangkan pada perangkat mobile berbasis Android. Metode yang digunakan dalam pengembangan adalah metode Iterative with Rapid Prototyping (IRP). Metode IRP dapat kembali pada proses sebelumnya untuk melakukan perbaikan. Cerita atau scene yang dipilih adalah cerita Perang Baratayuda antara Pandawa melawan Kurawa. Penggunaan paper prototype pada perancangan memudahkan penentuan rules pada permainan. Berdasarkan dari hasil implementasi, objek wayang dapat diintegrasikan dengan menggunakan Augmented Reality untuk menimbulkan efek nyata secara 3D di dalam marker sebagai kartu permainan. Untuk pembuatan objek 3D menggunakan aplikasi Blender dan untuk menampilkan objek wayang secara 3D dengan menggunakan sdk vuforia dalam game engine Unity. Berdasarkan pengujian menggunakan metode White Box dan Black Box dengan menerapkan pengujian jalur independen pada program berdasarkan nilai Cyclomatix Complexity, didapatkan hasil pengujian validasi bahwa program dapat berjalan dengan baik dengan tingkat validasi sebesar 100%. Pada metode pengujian playtesting yang terdiri dari unsur kesenangan dan unsur kemudahan penggunaan, didapatkan hasil bahwa game ini memiliki konsep yang cukup menarik dan permainan cukup mudah dimainkan, namun masih terlalu membosankan.

Unduhan

Diterbitkan

15 Feb 2018

Cara Mengutip

Putra, R. R. A., Wardhono, W. S., & Akbar, M. A. (2018). Pengembangan Permainan Trading Card Augmented Reality Bertema Perang Baratayuda. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(10), 4073–4081. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2842

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...