Analisis Faktor Brand Awareness, Brand Exposure, Customer Engagement, Dan Electronic Word-of-Mouth Dalam Pemasaran Melalui Media Sosial Pada The Body Shop Indonesia

Analisis Faktor Brand Awareness, Brand Exposure, Customer Engagement, Dan Electronic Word-of-Mouth Dalam Pemasaran Melalui Media Sosial Pada The Body Shop Indonesia

Penulis

  • Lovely Pomalaa Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Yusi Tyroni Mursityo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Admaja Dwi Herlambang Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

pemasaran media sosial, brand awareness, brand exposure, customer engagement, electronic word-of-mouth

Abstrak

Berdasarkan survei Top Brand Award yang dilakukan oleh Frontier Consulting Group, The Body Shop Indonesia mengalami penurunan tingkat kesadaran merek (brand awareness) tahun 2017 dibandingkan dengan tahun 2016. Menurunnya tingkat kesadaran merek pada The Body Shop Indonesia membuat perusahaan harus mampu meningkatkan kesadaran merek agar produk yang dijual cepat dan mudah didapatkan oleh konsumen. Dalam pemasaran melalui media sosial, faktor brand awareness dipengaruhi oleh faktor brand exposure, customer engagement, dan electronic word-of-mouth. Pengoptimalan media sosial Instagram memungkinkan The Body Shop Indonesia mendapatkan perhatian lebih dari konsumen. Penelitian ini menggunakan sampel sebesar 80 responden dan teknik pengambilan sampel yaitu sampling insidental. Pengumpulan data didapatkan dengan cara penyebaran kuesioner secara online kepada responden. Pengolahan data dilakukan dengan cara analisis statistik deskriptif dan uji asumsi dasar. Hasil kategori data pada variabel brand awareness yaitu tinggi dengan persentase 73,34%, variabel brand exposure yaitu tinggi dengan persentase 67,83%, variabel customer engagement yaitu kurang dengan persentase 56,74%, dan variabel electronic word-of-mouth yaitu kurang dengan persentase 46,05%. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah meningkatkan dua variabel dalam pemasaran melalui media sosial, yaitu variabel customer engagement dan electronic word-of-mouth.

Unduhan

Diterbitkan

15 Feb 2018

Cara Mengutip

Pomalaa, L., Mursityo, Y. T., & Herlambang, A. D. (2018). Analisis Faktor Brand Awareness, Brand Exposure, Customer Engagement, Dan Electronic Word-of-Mouth Dalam Pemasaran Melalui Media Sosial Pada The Body Shop Indonesia. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(10), 4082–4091. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2843

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...