Pengembangan Permainan Mobile AR Fishing Berbasis Marker Menggunakan Metode Iterative And Rapid Prototyping

Pengembangan Permainan Mobile AR Fishing Berbasis Marker Menggunakan Metode Iterative And Rapid Prototyping

Penulis

  • Yanitra Dwi Luthansyah Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Wibisono Sukmo Wardhono Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Adam Hendra Brata Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

memancing, game, augmented reality, gameplay

Abstrak

Penangkapan  ikan merupakan kegiatan yang sudah ada dan dilakukan oleh manusia sejak 100.000 tahun yang lalu. Kegiatan memancing yang pada awalnya hanya dilakukan untuk bertahan hidup dengan cara mencari ikan untuk dikonsumsi sekarang berkembang menjadi hobi yang digemari banyak orang. Game dapat digunakan sebagai sarana alternatif simulasi kegiatan memancing sebagai hobi. Penggunaan teknologi augmented reality dapat memvisualisasikan kenyataan dalam bermain game memancing. Gameplay merupakan bagian yang terpenting pada sebuah game. Untuk merancang gameplay dari game memancing dibutuhkan metode iterative and rapid prototyping. Hasil pengujian menunjukkan bahwa respon pengguna cukup baik terhadap aspek gameplay dan penggunaan augmented reality pada game ini.

Unduhan

Diterbitkan

19 Feb 2018

Cara Mengutip

Luthansyah, Y. D., Wardhono, W. S., & Brata, A. H. (2018). Pengembangan Permainan Mobile AR Fishing Berbasis Marker Menggunakan Metode Iterative And Rapid Prototyping. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(10), 4255–4263. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2888

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...