Evaluasi Tingkat Kematangan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Menggunakan ITIL (Information Technology Infrastructure Library) Versi 3 (Studi Pada : Rumah Sakit Umum Universitas Muhammadiyah Malang)
Kata Kunci:
ITIL V3, service operation, continual service improvement, gap analysAbstrak
Rumah Sakit Umum Universitas Muhammadiyah Malang merupakan sebuah instansi swasta yang bergerak pada bidang pelayanan kesehatan. Dalam melakukan operasioanal, Rumah Sakit Umum Universitas Muhammadiyah Malang (RS UMM) memanfaatkan teknologi sebagai daya pendukung. Salah satunya dengan menggunakan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). Sistem ini digunakan oleh para pegawai dalam membantu memberikan informasi terkait dengan aktivitas rawat inap, rawat jalan, farmasi, logistik, serta gizi. Permasalah yang muncul adalah kuranganya manajemen kontrol dalam melakukan operasional yang mengakibatkan kurangnya validasi informasi yang berujung pada kesalahan dan menurunya kinerja bisnis. Seperti adanya kesalahan pemasukan data, sistem yang lamban data melakukan akses pada jam tertentu, sampai kehilangan data transaksi pasien. Untuk menanggulangi hal tersebut, perlunya sebuah mekanisme kontrol terkait dengan manajemen layanan informasi terkait dengan nilai dari operasional serta layanan yang dicapai oleh sebuah perusahaan atau organisasi sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, nilai kematangan yang didapat pada domain Service Operation (SO) adalah 1,75 atau berada pada level 2, serta domain Continual Service Improvement (CSI) berada pada tingkat kematangan 1,47 atau level 1. Pihak dari rumah sakit sendiri khususnya bidang IT menginginkan nilai masing - masing 3 untuk SO maupun untuk CSI. Sehingga untuk mencapai nilai yang diinginkan, maka diberikan beberapa rekomendasi yang bisa membantu pihak IT dalam mengambil keputusan.