Analisis Usability Pada Aplikasi Mobile E-Government Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) Dengan Heuristic Evaluation
Kata Kunci:
usability, heuristic evaluation, e-government, mobile appAbstrak
LAPOR! adalah sarana pengaduan yang dikembangkan oleh Kantor Staf Presiden Indonesia. LAPOR! dapat diakses melalui sms, aplikasi mobile dan website. Penelitian sebelumnya pada platform website ditemukan banyak permasalahan usability. Evaluasi usability penting dilakukan, semakin mudah penggunaan aplikasi LAPOR maka semakin baik juga aplikasi e-government tersebut diterima masyarakat Indonesia. Setelah observasi awal ditemukan beberapa permasalahan berkaitan dengan efektifitas dan kepuasan pengguna yang merupakan faktor tingkat usability. Untuk menemukan permasalahan usability secara spesifik, perlu dilakukan evaluasi usability. Evaluasi usability dilakukan menggunakan evaluasi heuristik yang mengacu pada 10 prinsip heuristik Nielsen yaitu : visibility of system status, match between system and the real world, user control and freedom, consistency and standards, error prevention, recognition rather than recall, flexibility and efficiency of use, aesthetic and minimal design, help user recognize, diagnose, and recover from errors dan help and documentation. Temuan masalah dikategorikan menggunakan severity rating dengan skala 0-4. Evaluasi dilakukan sebanyak dua tahap. Hasil evaluasi tahap I ditemukan 20 masalah heuristik dan 2 masalah bukan kategori heuristik. Perbaikan meliputi user interface, konten dan alur. Setelah mengimplementasikan hasil rekomendasi perbaikan, pada evaluasi tahap II temuan masalah menurun yaitu 8 masalah. Beberapa masalah pada tahap I tidak ditemukan kembali pada tahap II dan ditemukan masalah baru.