Sistem Kendali Sudut Pitch Projector Headlamp Sepeda Motor Berbasis Closed Loop System
Kata Kunci:
Levelling Headlamp, Headlamp Projector, High Intensity Discharge, Pitch Angle Control, Closed Loop SystemAbstrak
Lampu utama penerangan kendara roda dua pada negara Indonesia ini umumnya menggunakan gas Halogen yang hasil dari penerangannya kurang untuk jalanan yang minim PJU (Penerangan Jalan Umum), dengan kreatifitas pengguna kendaraan tersebut maka sumber penerangan diganti dengan sumber yang menghasilkan penerangan lebih. Seperti contoh lampu yang menggunakan gas Xenon atau biasa dikenal dengan High Intensity Dishcharge Xenon, namun dengan penggantian ini muncul masalah baru yaitu pancaran cahayanya liar yang menyilaukan pengguna jalan lain. Penggunaan Headlamp Projector adalah salah satu cara untuk menghindari pancaran cahaya liar tersebut yang menyilaukan tersebut dengan cara memfokuskan hanya pada jalan raya saja, pancaran cahaya yang fokus tersebut haruslah diatur agar fokusnya tidak mengarah kepada pengguna jalan lainnya. Oleh karena itu untuk mempermudah pengemudi dalam mengatur fokus pancaran cahaya, dibangunlah sistem ini. Sistem bekerja dengan bantuan sensor IMU MPU6050 beserta ke 6 sudutnya, mekanisme aktuator berupa stepper motor yang terdapat pada headlamp sepeda motor serta metode pengontrol Closed Loop System. Nilai sudut saat ini yang dibaca oleh sensor kemudian diselisihkan dengan nilai set poin yang telah dikalkulasi sebelumnya, hasil dari selisih tersebut kemudian dijadikan acuan oleh sistem untuk mengontrol aktuator yang akan mempengaruhi sudut pitch headlamp. Tingkat keberhasilan dari sistem ini adalah 98,154 % dari 6 kali percobaan pengatur ketinggian pancaran cahaya dengan beban penumpang pada sepeda motor yang berbeda - beda.