Evaluasi Kepuasan Pengguna Aplikasi Tapp Market Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction)
Kata Kunci:
EUCS, Tapp Market, kepuasan pengguna, content, timelinessAbstrak
Tapp Market merupakan Online shop yang berdiri pada tahun 2013 di Finlandia dan memasuki Indonesia pada tahun 2015 oleh karena itu diperlukan sebuah evaluasi untuk Tapp supaya dapat bersaing dengan para pendahulunya. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) menggunakan 2 variabel. Pada variabel content terdapat 4 indikator. Variabel timeliness terdapat 1 indikator. Data didapatkan dari jumlah sampel sebesar 100 responden menggunakan kuesioner. Dari hasil evaluasi yang dilakukan dinyatakan bahwa kepuasan pengguna pada variabel content masuk pada kategori Tinggi Dengan nilai yang diperoleh adalah 74,7% yang berarti pengguna merasa Puas terhadap aplikasi Tapp Market jika diukur dari variabel tersebut. Variabel timeliness masuk kedalam kategori Rendah dengan nilai yang diperoleh adalah 50,0% yang berarti pengguna marasa Kurang Puas terhadap aplikasi Tapp Market jika diukur dari variabel tersebut. Rekomendasi yang diberikan dalam penelitian ini adalah variabel dengan kategori Rendah yaitu variabel Timeliness perlu untuk meningkatkan kualitas layanan dan kecepetan dalam menampilkan informasi yang dibutuhkan pengguna agar ketegorinya dapat mencapai kategori Sangat Tinggi sehingga pengguna merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh aplikasi Tapp Market.