Implementasi Sensory Immersion dan Interactive Agent Control Pada Sistem Pemasaran Perumahan Melalui Teknologi Virtual Reality
Kata Kunci:
immersive, interactive agent control, virtual reality, pemasaran, audio spatial, usability scaleAbstrak
Secara global metode pemasaran suatu produk properti masih menggunakan metode konvensional. Namun terdapat faktor lain yang dapat digunakan untuk menarik perhatian pembeli melalui sisi psikologis pembeli. Beberapa elemen yang dapat digunakan adalah melalui immersive dan interactive agent control. Elemen immersive digunakan untuk menstimulasi alat indera pembeli yang mana penelitian ini digunakan audio spatial sebagai medianya. Untuk elemen interactive agent control digunakan sebagai alat interaksi pembeli dengan produk yang akan dibentuk berupa agent virtual dan elemen-elemen tersebut akan diimplementasikan pada teknologi virtual reality. Untuk mengetahui kinerja dari setiap fungsional sistem maka akan diuji melalui black-box testing serta dilakukan pengujian usability scale berupa usability score dan skala likert untuk mengetahui kualitas dari sistem secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari pengujian black-box didapatkan fungsi dari sistem telah berjalan secara baik dengan beberapa skenario yang ada dengan tingkat keberhasilan 100%. Untuk pengujian yang telah dilakukan, sistem mendapatkan skor usability scale 64,5 yang masuk dalam kategori C serta didapatkan sistem dapat dikuasai dengan mudah serta berkerja secara konsisten dan baik. Namun pada segi kenyaman, beberapa pengguna merasa sedikit pusing dan mual dikarenakan peforma sistem yang belum optimal.