Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pelaporan Sarana dan Prasarana Studi pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya
Kata Kunci:
Sistem Informasi, Pelaporan, Pelacakan, Sarana Prasarana, Android, WebsiteAbstrak
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Brawijaya adalah fakultas dibawah naungan Universitas Brawijaya, yang tidak lepas dari penggunaan fasilitas sarana prasarana dalam menyelenggarakan kegiatan perkuliahannya. Seiring dengan berjalannya kegiatan tersebut, sarana prasarana akan mengalami kerusakan yang solusi sementaranya adalah dengan civitas akademik FILKOM melaporkan kepada pegawai Perlengkapan langsung secara lisan atau melalui website E-Complaint Universitas Brawijaya. Permasalahan yang muncul dari proses melaporkan keluhan tersebut adalah kesulitan dalam mengidentifikasi sarana prasarana yang dilaporkan sehingga membutuhkan waktu identifikasi yang cukup lama yaitu antara 4 sampai 6 menit. Berdasarkan permasalahan tersebut, dikembangkanlah Sistem Informasi Pelaporan dan Pemeliharaan Sarana Prasarana yang dapat digunakan civitas akademik untuk melaporkan keluhan sarana prasarana di lingkup wilayah FILKOM UB. Sistem informasi ini juga dapat digunakan untuk melacak status pelaporan dari keluhan-keluhan yang telah dilaporkan, baik oleh pihak pelapor sendiri maupun oleh civitas akademik lainnya. Pengembangan dari sistem informasi ini dibagi menjadi 2 jenis, yaitu aplikasi android untuk pelapor dan website operator untuk pegawai Perlengkapan. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan untuk mengembangkan sistem informasi ini adalah menggunakan waterfall model. Kemudian untuk hasil implementasi dari fungsi pelaporan dan pelacakan status pelaporan, akan dilakukan pengujian validation, usability dan perbandingan waktu. Dari tahap pengujian didapatkan hasil bahwa dengan disediakannya fitur kamera dan pindai kode QR, sistem informasi ini dapat mempercepat proses pelaporan dan juga dapat mempercepat pelacakan status pelaporan.