Evaluasi Usability Sistem Informasi Audit Internal Mutu pada Pusat Jaminan Mutu Universitas Brawijaya
Kata Kunci:
Evaluasi Usability, Usability, SIAIM, Pengujian Usability, SUSAbstrak
SIAIM adalah sebuah aplikasi yang digunakan oleh Pusat Jaminan Mutu untuk meningkatkan kinerja mereka. Selama beberapa bulan penggunaan SIAIM, pengguna memberikan umpan balik mengenai penggunaan aplikasi SIAIM. Permasalahan pengguna yang didapatkan dari umpan balik adalah tentang fitur “Input Klarifikasi†yang tidak berfungsi, sosialisasi penggunaan SIAIM dan tampilan dari SIAIM yang kurang baik seperti warna huruf dan tata letak antarmuka yang kurang menarik. Maka dari itu diperlukannya melakukan evaluasi usability pada SIAIM untuk menggali masalah lebih dalamdan mengukur tingkat usability dari SIAIM. Evaluasi usability dilakukan berdasarkan 5 aspek usability efficiency, effectiveness, learnability, memorability and satisfaction. Pengumpulan data dengan menggunakan metode usability testing, interview dan kuesioner. Hasil dari evaluasi usability yang telah dilakukan menunjukkan bahwa tingkat usability dari SIAIM adalah baik dikarenakan nilai dari setiap aspek usability berada diatas rata-rata standard. Selain itu aplikasi SIAIM masih masih bisa ditingkatkan lagi karena masih terdapat beberapa masalah selama evaluasi usability. Rekomendasi diberikan untuk meningkatkan SIAIM berdasarkan permasalahan yang didapatkan selama evaluasi usability.