Perancangan User Experience Aplikasi Pelaporan Keluhan Masyarakat Menggunakan Metode Human-Centered Design
Kata Kunci:
user experience, human-centered design, UEQ, usability testing, e-complaintAbstrak
Aplikasi pelaporan keluhan masyarakat Kota Malang merupakan aplikasi e-complaint yang memanfaatkan teknologi GPS dan geotagging. Aplikasi tersebut dikembangkan untuk melaporkan berbagai permasalahan yang terjadi pada berbagai bidang di Kota Malang. User experience merupakan faktor penting bagi keberhasilan e-complaint. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan user experience dari aplikasi pelaporan keluhan masyarakat Kota Malang. Evaluasi menggunakan usability testing dan User Experience Questionnaire dilakukan untuk mengukur tingkat user experience dan mengetahui permasalahan tentang user experience dari desain aplikasi yang sudah dibangun. Setelah evaluasi awal dilakukan maka dilakukan perancangan ulang sebagai solusi dari permasalahan user experience pada desain lama. Permasalahan tersebut diantaranya adalah beberapa menu yang tidak berhasil ditemukan oleh pengguna dan ketidakpahaman pengguna dalam menggunakan fitur aplikasi. Perbandingan nilai usability desain aplikasi lama dan desain baru didapatkan perbedaan yang cukup signifikan yaitu sebesar 48,98%. Dari perbandingan skala benchmark UEQ juga dapat diketahui bahwa pada skala attractiveness dan perspicuity mengalami perubahan dari kategori “bad†menjadi “goodâ€, pada skala efficiency, dependability, dan stimulation terjadi perubahan dari kategori “bad†menjadi “excellentâ€, serta pada skala novelty terjadi perubahan dari kategori “below average†menjadi “excellentâ€. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa desain solusi memberikan persepsi yang lebih positif dari segi user experience dan lebih baik dari segi usability.