Pengembangan Sistem Aplikasi Pelaporan Masyarakat Berbasis Web di Kabupaten Pekalongan
Kata Kunci:
sistem pelaporan, penilaian kinerja, rekayasa perangkat lunak, waterfall modelAbstrak
Keterbukaan informasi publik merupakan perwujudan demokratisasi dalam pengelolaan pemerintahan yang memungkinkan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan good governance (tata kelola pemerintahan yang baik). Pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Pekalongan, hal itu dilakukan dengan menyediakan wadah yang menampung laporan permasalahan dari masyarakat berupa form online yang dapat diakses melalui website Pemerintah Kabupaten Pekalongan. Namun, kelemahannya adalah proses distribusi laporan ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilakukan secara manual, sehingga waktu penyampaian dan respon cenderung lambat, serta masyarakat tidak mengetahui tindaklanjut dari permasalahan yang disampaikan. Selain itu, tidak ada penilaian terhadap kecepatan masing-masing OPD dalam menjawab laporan yang dapat digunakan sebagai tolak ukur OPD dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Untuk menangani permasalahan tersebut, penulis mengembangkan sistem aplikasi pelaporan masyarakat berbasis web dengan fitur untuk melaporkan masalah di mana masyarakat dapat terhubung dengan OPD yang terkait dengan permasalahannya dan menampilkan penilaian kinerja tiap OPD berdasarkan kecepatan responnya terhadap laporan yang disampaikan masyarakat. Penulis menggunakan waterfall model dalam mengembangkan perangkat lunak. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, pengujian unit, pengujian integrasi, dan pengujian validasi menghasilkan nilai 100% valid pada semua kasus uji. Sedangkan pengujian compatibility menunjukkan bahwa sistem dapat berjalan dengan baik pada 86,67% dari 13 versi browser yang diujikan.