Implementasi Metode Analytic Hierarchy Process untuk Penentuan Prioritas Kategori Berita (Studi Kasus: LYT Media)
Kata Kunci:
Analytic Hierarchy Process, Seleksi Kategori Artikel, MediaAbstrak
Suatu perusahaan media daring di bidang hiburan dan industri kreatif memiliki banyak kategori artikel yang disajikan untuk pembacanya. Hal ini menimbulkan banyaknya materi artikel yang harus disiapkan oleh para penulisberita. Efektifitas dalam menyajikan suatu berita harus dipertimbangkan,agar perusahaan mendapatkan pengunjung artikel yang maksimal. Pimpinan redaksi bertanggung jawab atas artikel yang disajikan pada medianya. Tentunya perusahaan sudah memiliki kategori artikel yang disajikan melalui kriteria bidang hiburan dan industri kreatif. Pemilihan artikel diharapkan dapat memaksimalkan pengunjung yang membaca halaman website, sehingga perusahaan akan mendapatkan keuntungan dari trafficpengunjung yang banyak pula.
Analytic Hierarchy Process adalah salah satu metode pengambilan keputusan yang dapat memberikan saran untuk pengambilan keputusan kategori artikel dari kriteria yang dibutuhkan. Peralatan utama Analytic Hierarchy Process adalah sebuah hierarki fungsional dengan input utamanya persepsi manusia. Konsep dasar Analytic Hierarchy Process adalah penggunaan matriks pairwise comparison(matriks perbandingan berpasangan) untuk menghasilkan bobot relativeantar kriteria maupun alternative. Suatu kriteria akan dibandingkan dengan kriteria lainnya dalam hal seberapa penting terhadap pencapaian tujuan di atasnya.
Pada penelitian ini menghasilkan nilai akurasi 65,625%. Hasil dari implementasi metode Analytic Hierarchy Process dapat menjadi solusi efisien dan efektif dalam pengambilan keputusan kategori artikel untuk disajikan.