Analisis Penggunaan Media Sosial Instagram dan Pengaruhnya Terhadap Business Performance Satisfaction (Studi Pada Pengusaha Kuliner Di Kota Malang)
Kata Kunci:
Manajemen Hubungan Pelanggan, Pemasaran Media Sosial, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Kemampuan Sosial, Pemanfaatan Media SosialAbstrak
Jumlah pengguna media sosial yang besar menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi pelaku usaha untuk mencari hingga menjaga hubungan baik dengan pelanggan melalui media sosial. Tidak hanya perusahaan besar, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pun turut memanfaatkan media sosial demi mendapatkan keuntungan, salah satunya UMKM bidang kuliner. Jumlah UMKM kuliner saat ini sedang berkembang pesat membuat persaingan di antara mereka cukup ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media sosial oleh UMKM kuliner terhadap kepuasan kinerja bisnis yang mereka rasakan. Selain mencari tahu pengaruh pemanfaatan media sosial, penelitian ini juga mencari tahu pengaruh moderasi kemampuan sosial pengusaha dan/atau pegawai serta intensitas penjualan melalui media sosial terhadap hubungan pemanfaatan media sosial dengan kepuasan kinerja bisnis UMKM kuliner. Data dikumpulkan dari 80 responden UMKM kuliner di Kota Malang. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukan bahwa model regresi yang diajukan pada penelitian ini telah memenuhi goodness of fit. Selain itu penggunaan media sosial Instagram juga terbukti berpengaruh terhadap kepuasan kinerja bisnis. Kemampuan sosial pengusaha dan/atau pegawai UMKM sebagai variabel bebas juga positif berpengaruh terhadap kepuasan kinerja bisnis. Terakhir, dua variabel moderator yaitu kemampuan sosial dan tingkat penjualan melalui media sosial turut memengaruhi hubungan antara penggunaan media sosial dan kepuasan kinerja bisnis.