Evaluasi Pada Variasi Proses Bisnis Jenis Pembayaran Tagihan Air dengan Menerapkan Process Mining dan Quality Evaluation Framework (QEF) Pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Malang
Kata Kunci:
process mining, quality evaluation framework (QEF), quality factor, yet another workflow language (YAWL), event log, variasi proses bisnisAbstrak
PDAM Kota Malang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang menyediakan layanan air bersih dan diharapkan dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dari berbagai macam sudut pandang proses bisnis. Layanan PDAM yang paling mendominasi adalah layanan pembayaran tagihan air yang ditetapkan dalam tiga status pembayaran berdasarkan hasil wawancara guna mengatasi adanya beberapa pola dan karakteristik pelanggan yang berbeda. Sehingga untuk menjamin layanan pembayaran tagihan air agar kinerjanya senantiasa baik, perlu dilakukan evaluasi proses bisnis untuk mengetahui kualitas proses bisnis yang sedang berjalan. Proses bisnis pembayaran tagihan air dimodelkan dengan menggunakan Yet Another Workflow Language (YAWL) dan selanjutnya disimulasi sehingga didapatkan event log dari model proses tersebut. Event log yang dihasilkan digunakan untuk menemukan variasi proses bisnis menggunakan pendekatan process mining dengan alat bantu ProM. Evaluasi proses bisnis dilakukan menggunakan metode Quality Evaluation Framework (QEF) yang menghasilkan 6 Quality Factor yang tidak sesuai dengan target perusahaan, hal ini menunjukkan adanya kesenjangan antara target perusahaan dengan kinerja yang sedang berjalan. Hasil evaluasi selanjutnya dihubungkan dengan hasil variasi sehingga dapat disimpulkan bahwa munculnya ketidaksesuaian pada Quality Factor proses bisnis jenis pembayaran tagihan air di PDAM Kota Malang tidak dipengaruhi oleh adanya variasi proses bisnis.