Analisis Pengalaman Pengguna pada Website E-commerce Dengan Menggunakan Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi pada Lazada.co.id, Blibli.com dan JD.id)
Kata Kunci:
analisis, Pengalaman Pengguna, Website, E-commerce, UEQ, Focus GroupAbstrak
Perkembangan teknologi yang pesat membuat para pelaku bisnis mulai melakukan proses jual-beli secara online, hal ini membuat banyak e-commerce mulai bermunculan di Indonesia yang membuat persaingan bisnis pun berpindah menjadi online. Tiga website e-commerce dengan pengunjung yang cukup tinggi ialah Lazada.co.id, Blibli.com dan JD.id. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tiga website e-commerce yang memiliki karateristik dan proses bisnis yang sama dalam sisi kegunaan dan pengalaman pengguna, yang menggunakan media website Lazada.co.id, Blibli.com dan JD.id. Pada penelitian ini terdapat 2 metode pengujian yang digunakan, yaitu pertama pengujian secara objektif dengan menggunakan pengujian secara langsung kepada responden dalam penggunaan website menggunakan tugas skenario dengan parameter task success rate, time per completed task, number of clicks during task completion dan error during task performance, yang diberikan kepada 10 responden dan Kuesioner UEQ yang memiliki 6 skala yaitu: attractiveness, efficiency, perspicuity, dependability, stimulation dan novelty, yang diberikan kepada 20 responden. Responden memiliki latar belakang yang berbeda-beda dengan rentang usia 16-65 tahun yang belum pernah menggunakan ketiga website yang diujikan. Kedua, pengujian secara subjektif yang menggunakan focus group discussion untuk presepsi dan permasalahan pengguna yang lebih detail. Dari kedua pengujian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa website Blibli.com lebih unggul dari pada Lazada.co.id dan JD.id.