Pengembangan Game Edukasi Platformer Kisah Gajah Mada Menyatukan Nusantara Menggunakan Metode Iterative With Rapid Prototyping

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Winny Ardhian Septiko Muhammad Aminul Akbar Tri Afirianto

Abstrak

Sejarah adalah catatan masa lalu tentang perubahan kehidupan dari manusia yang terus berkembang. Dalam perkembangannya, perubahan perubahan yang tercatat dalam sejarah akan memberikan pelajaran bagi kehidupan manusia di masa yang akan datang. Begitu juga yang terjadi pada kehidupan di Indonesia, setiap cerita sejarah yang terjadi di Indonesia memiliki nilai kebudayaan yang tinggi. Salah satunya adalah kisah Perjalanan Patih Gajah Mada di Kerajaan Majapahit yang terkenal dengan sumpahnya yaitu Sumpah Palapa. Akan tetapi pada masa ini, kurangnya ketertarikan masyarakat terutama anak anak tentang sejarah membuat sejarah menjadi sesuatu yang mudah dilupakan. Hal ini disebabkan oleh media pembelajaran seperti buku yang cenderung membuat siswa jenuh, mengantuk, dan bosan. Pada penelitian ini, dilakukan pengembangan game edukasi tentang Perjalanan Gajah Mada menyatukan Nusantara dengan game platformer yang menyenangkan dan interaktif untuk anak anak agar mudah dalam belajar Sejarah khususnya Kisah Patih Gajah Mada dengan Sumpah Palapanya. Hasil dari pengujian fun testing yang diambil dari kuisioner yang diisi oleh 20 responden dihitung dengan menggunakan interpretasi indeks dari skala Likert didapatkan hasil yaitu keseluruhan game yang disajikan adalah 81%, Tampilan pada game yakni 100%, tingkat keseruan game 83%, dan tingkat kesulitan game 63%. Dan mendapat nilai 75,75 pada usability testing menggunakan SUS yang berarti bahwa perangkat lunak atau game dinyatakan acceptable yang termasuk dalam grade C dengan rating excellent. Dan mendapat kenaikan nilai terhadap kenaikan nilai pad pengujian pemahan, yang berarti game dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Septiko, W., Akbar, M., & Afirianto, T. Pengembangan Game Edukasi Platformer Kisah Gajah Mada Menyatukan Nusantara Menggunakan Metode Iterative With Rapid Prototyping. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 12, p. 5983-5989, agu. 2018. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/3483>. Tanggal Akses: 17 mei 2022
Bagian
Artikel