Analisis Sentimen Opini Pelanggan Terhadap Aspek Pariwisata Pantai Malang Selatan Menggunakan TF-IDF dan Support Vector Machine
Kata Kunci:
Web Scraping, Analisis Sentimen, Classification, SVM, Visualisasi DataAbstrak
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang membutuhkan perspektif pelanggan dalam proses pengawasan dan evaluasi kegiatan pengelolaan dan pengembangan pariwisata pantai Malang Selatan. Akan tetapi Disparbud tidak memiliki data opini pelanggan, maupun penerapan teknologi pengolahan dan analisis data yang mampu memberikan informasi tentang perspektif pelanggan terhadap aspek pariwisata pantai Malang Selatan. Perspektif pelanggan bisa didapatkan dari opini pelanggan dalam bentuk ulasan yang ada pada platform Web. Metode Web Scraping adalah salah satu metode untuk melakukan ekstraksi data opini pelanggan yang bersumber dari platform Web. Untuk mendapatkan perspektif pelanggan terhadap aspek pariwisata pantai Malang Selatan bisa dengan melakukan Analisis Sentimen pada tingkat aspek. Salah satu metode klasifikasi yaitu Support Vector Machine yang dapat digunakan untuk melakukan klasifikasi sentimen dalam proses Analisis Sentimen tersebut. Pada Penelitian ini berhasil mendapatkan 674 data opini pelanggan dalam Bahasa Indonesia dari tahun 2013 hingga tahun 2018 untuk 43 objek pariwisata pantai Malang Selatan yang bersumber dari situs TripAdvisor. Pengujian terhadap hasil klasifikasi sentimen terhadap setiap aspek menunjukkan hasil yang baik dengan rata-rata Accuracy sebesar 85%, Precision sebesar 85%, Recall sebesar 87%, dan F1-Score sebesar 85%. Luaran dari penelitian ini berupa visualisasi data dalam bentuk Dashboard yang terdiri dari 4 visualisasi Dashboard yang memuat hasil dari Analisis Sentimen opini pelanggan terhadap aspek pariwisata pantai Malang Selatan.