Analisis Kesuksesan Aplikasi Mobile Pemesanan Tiket Bioskop M-Tix Cinema 21 Berdasarkan Perspektif Pengguna di Kota Malang Menggunakan Pendekatan Delone and McLean Success Model
Kata Kunci:
kesuksesan, delone & mclean, mobile commerceAbstrak
Aplikasi mobile M-Tix Cinema 21 menawarkan layanan pemesanan tiket bioskop secara online untuk jaringan bioskop Cinema 21 di seluruh Indonesia. Namun, dalam pengoperasiannya masih terdapat beberapa keluhan yang disampaikan oleh para pengguna terhadap aplikasi ini. Selain itu, di Kota Malang sendiri aplikasi mobile M-Tix Cinema 21 masih kurang dimanfaatkan oleh masyarakat. Berdasarkan hasil survei pendahuluan, persentase responden yang pernah memanfaatkan aplikasi ini dalam memesan tiket bioskop di Kota Malang hanya sebesar 32,4%. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan tingkat kesuksesan dari aplikasi mobile M-Tix Cinema 21 serta memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan konsep DeLone and McLean Success Model. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner, dimana jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 112 orang dan dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kesuksesan aplikasi mobile M-Tix Cinema 21 pada variabel System Quality masuk ke dalam kategori tinggi (75,8) dan variabel Use masuk ke dalam kategori tinggi (75,0%). Berdasarkan perbandingan persentase rata-rata tiap variabel, variabel Use diprioritaskan untuk mendapatkan rekomendasi perbaikan. Rekomendasi yang dapat diberikan baik untuk meningkatkan variabel System Quality maupun variabel Use yaitu dengan melakukan maintenance sistem secara berkala serta memaksimalkan upaya terkait strategi pemasaran aplikasi mobile M-Tix Cinema 21.