Evaluasi Efikasi Diri Dosen Universitas Brawijaya dalam Penggunaan Sistem Informasi Dosen dengan Menggunakan Technology Acceptance Model Termodifikasi
Kata Kunci:
attitude toward using, computer self-efficacy, university support, TAMAbstrak
Sistem Informasi Dosen (SIADO) merupakan sistem informasi berbasis web yang bertujuan untuk memudahkan dosen dalam administrasi kepegawaian. Beberapa dari kalangan dosen masih belum memaksimalkan SIADO sehingga diperlukan evaluasi untuk mengetahui tingkat penerimaan sistem dengan Technology Acceptance Model (TAM) yang termodifikasi pada variabel computer self-efficacy, attitude toward using dan university support. Penelitian menggunakan metode kuantitatif-deskriptif dengan instrumen berupa kuesioner. Populasi diambil sebanyak 2192 dosen aktif di Universitas Brawijaya dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang dari perhitungan persamaan Slovin. Penelitian dilakukan pengkatagorian guna mengetahui tingkat dominasi masing-masing variabel dengan menghitung total skor dari jawaban responden dibagi total skor maksimal dikali 100% didapatkan hasil lima katagori yaitu, sangat rendah, rendah, sedang, tinggi dan sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel university support (71.9%), computer self-efficacy (71%) dan attitude toward using (73%) termasuk kategori tinggi. Rekomendasi yang diberikan diantaranya: meningkatkan pengalaman pengoprasian SIADO, menciptakan social model bagi diri dosen, meningkatkan sosial persuasive di lingkungan dosen seperti mengadakan pelatihan pengoprasian SIADO secara rutin, meningkatkan keamanan web, mereduksi fungsi yang tidak berkaitan dengan tugas dosen, mempertahankan tampilan sederhana sehingga pengguna merasa mudah serta pihak universitas dapat memberikan reward kepada pengguna SIADO.