Kualitas dan Kesuksesan Implementasi Layanan E-Learning Berbasis Moodle dengan Menggunakan Expectation-Confirmation Model dan Delone and Mclean's Model
Kata Kunci:
Kualitas, Kesuksesan, E-learning, Expectation-Confirmation Model, Delone and Mclean ModelAbstrak
Berdasarkan data yang diperoleh dari observasi ada empat fakultas di Universitas Brawijaya yang telah memanfaatkan e-learning berbasis moodle, yaitu Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Ilmu Akuntasi (FIA), Fakultas Teknologi Pertanian (FTP), dan Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM). Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kondisi kualitas dan kesuksesan implementasi e-learning berbasis moodle. Penelitian dilakukan dengan menggunakan dua model yaitu Expectation-Confirmation Model (ECM) untuk mengetahui kualitas implementasi e-learning dan DeLone & McLean model untuk mengetahui kesuksesan implementasi e-learning. ECM memiliki empat variabel, yaitu perceived usefullness, confirmation, satisfaction, dan continuance intention. DeLone & McLean model memiliki enam variabel, yaitu system quality, information quality, service quality, use, user satisfaction, dan net benefits. Data yang digunakan sebanyak 148 responden yang dipilih dengan stratified cluster sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner online. Hasil pengolahan data yang dilakukan yaitu variabel confirmation, service quality, dan user satisfaction masuk ke dalam kategori cukup tinggi, dan variabel lainnya masuk ke kategori tinggi. Rekomendasi yang diberikan berdasarkan indikator tiap variabel yang memiliki nilai di bawah rata-rata total sehingga nantinya dapat meningkatkan kualitas dan kesuksesan implementasi e-learning.