Analisis Dan Perbaikan Aplikasi UB Bookstore Berdasarkan Aspek Usability (ISO 9241-11)
Kata Kunci:
usability, aplikasi mobile, ISO 9241-11, usability testingAbstrak
Untuk mencapai visi menjadi Penerbit Elektronik terbesar di Indonesia, UB Press merilis Aplikasi UB Bookstore. Terdapat 5 proses yang diamati yakni proses sign up dan sign in, proses edit profil, proses pencarian kategori dan buku, serta detail buku. Permasalah didalam aplikasi yang muncul pada observasi awal diantaranya navigasi tidak responsif, kurangnya informasi detail buku, perpaduan warna pada aplikasi yang kontras, serta pencarian buku dan navigasi menu yang kurang efektif. Sebab itu dilakukan perbaikan antarmuka dengan tiga dasar guideline. Selanjutnya dilakukan usability testing untuk desain aplikasi awal dan usulan. Menggunaan standar ISO 9241-11 dalam mengukur metrik usability diantarnya metrik effectivennes, efficiency dan satisfaction. Hasil di metrik effectivennes terbagi di 3 aspek, yakni Ketuntasan yang mengalami kenaikan sebesar 40%, Non Critical error serta Critical error yang mengalami penurunan sampai 0%. Didalam metrik efficiency didapatkan peningkatan sebesar 40% setelah pelaksanaan perbaikan antarmuka. Selanjutnya di aspek satisfaction, antarmuka rancangan desain usulan berada dalam grade C dan kategori “Acceptableâ€. Peneliti juga menggunakan kuesioner USE yang memiliki empat barometer. Setiap barometer memiliki pernyataan yang diberikan kepada pengguna untuk mendapatkan nilai tingkat usability aplikasi. Hasil dari nilai usability dari kuisioner ini sebelum perbaikan tampilan ialah sebesar 60,38% dan setelah rekomendasi rancangan desain usulan sebesar 79,70%.