Evaluasi dan Perancangan User Interface Aplikasi Mobile Layanan Pengaduan Masyarakat Online Menggunakan Human-Centered Design

Evaluasi dan Perancangan User Interface Aplikasi Mobile Layanan Pengaduan Masyarakat Online Menggunakan Human-Centered Design

Penulis

  • Malik Abdul Azis Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Hanifah Muslimah Az-Zahra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Lutfi Fanani Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

human-centered design, hcd, usability, pengujian usability, kuesioner USE, e-Complaint

Abstrak

Pembuatan aplikasi e-Complaint menjadi salah satu pendukung terlaksananya Open Government Indonesia. Usability menjadi salah satu aspek penting pengukuran kualitas aplikasi. Untuk mendukung hal tersebut, perlu adanya evaluasi terhadap antarmuka e-Complaint supaya masyarakat dapat dengan nyaman menggunakannya. Penelitian ini akan mengevaluasi dua aplikasi e-Complaint yaitu LAPOR! dan Qlue. Evaluasi yang dilakukan menggunakan pengujian usability yang di dukung dengan kuesioner USE yang mencakup empat parameter yaitu usefulness, ease of use, ease of learning dan satisfaction. Masing-masing parameter memiliki beberapa pernyataan yang akan diberikan kepada pengguna untuk menilai tingkat usability aplikasi. Penyusunan kerangka perbaikan pada penelitian ini menggunakan Human Centered Design (HCD) karena pada setiap tahapan pada penelitian melibatkan pengguna. Pengujian akan dilakukan sebanyak dua kali, yaitu pengujian awal dan pengujian akhir. Pengujian awal dilakukan untuk menganalisa tingkat usability aplikasi LAPOR! dan Qlue. Kemudian pengujian akhir dilakukan untuk mendapatkan nilai usability rancangan rekomendasi aplikasi e-Complaint. Hasil evaluasi pada aplikasi LAPOR! berada pada kategori cukup baik, aplikasi Qlue berada pada kategori baik namun di batas bawah kategori, dan rancangan antarmuka aplikasi e-Complaint berada pada kategori baik namun melebihi tingkat usability aplikasi Qlue.

Unduhan

Diterbitkan

28 Aug 2018

Cara Mengutip

Azis, M. A., Az-Zahra, H. M., & Fanani, L. (2018). Evaluasi dan Perancangan User Interface Aplikasi Mobile Layanan Pengaduan Masyarakat Online Menggunakan Human-Centered Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(1), 529–537. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4158

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...