Analisis Pengalaman Interaksi Pengguna Terhadap Permainan Catur Sebagai Obyek Augmented Reality Menggunakan Game Experience Questionaire

Analisis Pengalaman Interaksi Pengguna Terhadap Permainan Catur Sebagai Obyek Augmented Reality Menggunakan Game Experience Questionaire

Penulis

  • Ryan Edbert Jeremiah Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Wibisono Sukmo Wardhono Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Hanifah Muslimah Az-Zahra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

augmented reality, board game, Game Experience Questionare

Abstrak

Interaksi antara manusia dan komputer merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sekarang seiring dengan berkembangnya teknologi informasi.Demikian pula halnya dalam perkembangan teknologi informasi yang mendukung interaksi dengan pengguna seperti halnya augmented reality, khususnya dalam penelitian ini adalah permainan catur dengan aplikasi board game. Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan permainan catur sebagai obyek augmented reality dengan mempertimbangkan unsur-unsur interaktif untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan menganalisis pengalaman pengguna terhadap aplikasi permainan catur yang ditampilkan sebagai obyek augmented reality menggunakan teknik Game Experience Questionare (GEQ). Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dan evaluasi, yang meliputi perencanaan evaluasi, pelaksanaan evaluasi dan analisis hasil evaluasi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert dengan jenjang range lima (1,2,3,4,5). Dalam tahapan Game Experience Questionare (GEQ yang digunakan disesuaikan dengan aplikasi game catur dengan teknologi augmented reality yang berpedoman pada GEQ Core Module, dan GEQ Post-Game Module yang sebelum digunakan delah dilakukan validasi ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan catur dengan mempertimbngkan unsur-unsur interaktif berhasil diintegrasikan sebagai obyek augmented reality statis dengan latar belakang pada permainan catur menunjukkan real environment yang ditangkap melalui webcam.

Unduhan

Diterbitkan

30 Aug 2018

Cara Mengutip

Jeremiah, R. E., Wardhono, W. S., & Az-Zahra, H. M. (2018). Analisis Pengalaman Interaksi Pengguna Terhadap Permainan Catur Sebagai Obyek Augmented Reality Menggunakan Game Experience Questionaire. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(1), 738–743. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4210

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...