Pengembangan Aplikasi Mobile Augmented Reality Sebagai Media Belajar Pengenalan Dasar Huruf Hijaiyah
Kata Kunci:
mobile, aplikasi, augmented reality, media pembelajaran, huruf hijaiyahAbstrak
Pengenalan dan penguasaan huruf hijaiyah sejak dini sangatlah penting, karena huruf hijaiyah merupakan dasar untuk membaca dan mempelajari kitab suci Al-Qur'an. Namun dalam pengucapannya, banyak orang yang masih salah dalam mengucapkan beberapa huruf hijaiyah yang kemungkinan disebabkan oleh bahasa ibu dan faktor kebiasaan. Umumnya huruf hijaiyah dikenalkan kepada anak saat mereka memasuki taman kanak-kanak atau sekolah dasar. Dalam proses belajar, terkadang ada anak yang memiliki sifat pemalu yang disebabkan oleh kurang beraninya anak ketika berbicara dengan guru atau orang dewasa lain, tidak dapat menatap mata orang lain ketika berbicara, anak tidak banyak bicara, atau anak kurang terbuka. Ditambah lagi ada beberapa anak yang cenderung belajar menggunakan visual, sementara yang lain cenderung menggunakan audio ataupun kinestetik. Karena gaya belajar yang berbeda ini, penting bagi pengajar untuk menggunakan kombinasi metode pengajaran dan membuat lingkungan belajar menjadi interaktif dan menstimulasi untuk mencapai hasil pembelajaran yang baik. Dari permasalahan tersebut, dikembangkanlah aplikasi mobile augmented reality berbasis Android sebagai media belajar pengenalan dasar huruf hijaiyah. Aplikasi ini dikembangan dengan metode waterfall. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian validasi, pengujian kondisi optimal marker berdasarkan besar dan jarak, serta pengujian aplikasi. Pengujian validasi memberikan hasil bahwa sistem valid. Pengujian kondisi optimal marker memberikan hasil bahwa kondisi optimal marker ukuran 2,5x2,5cm adalah 4-8cm, ukuran 5x5cm adalah 8-17cm, ukuran 7,5x7,5cm adalah 12-26cm, ukuran 10x10 adalah 16-34cm, dan ukuran 12,5x12,5cm adalah 19-42cm. Pengujian aplikasi memberikan hasil bahwa dengan menggunakan aplikasi dapat meningkatan nilai siswa sebesar 11,19%.