Evaluasi Usability dan Perbaikan Antarmuka Pengguna Situs Web VEDC/P4TK BOE Malang Menggunakan Questionnaire For User Interface Satisfaction (QUIS) dan Pendekatan Human-Centered Design
Kata Kunci:
Human Centered Design, Usability Testing, Human Health Service, Questionnaire for User Interaction SatisfactionAbstrak
VEDC/P4TK BOE Malang merupakan sebuah lembaga yang sejak 1986 pelatihan dilakukan di bidang pengembangan dan peningkatan kompetensi profesional. P4TK BOE Malang, merupakan bagian terpadu dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai unit pelaksana teknis Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan. Permasalahan teknis yang sering di komplain dari user mendorong instansi VEDC untuk dilakukan adanya evaluasi mendetail pada situs web. Perbaikan antarmuka pengguna dilakukan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang sering disampaikan oleh pengguna. Perbaikan antarmuka pengguna dilakukan dengan menggunakan pendekatan Human Centered Design. Aspek usability yang digunakan dalam pengujian antara lain; Efficiency untuk tingkat efisien dalam mengakses situs web, Effectiveness untuk mengukur tingkat keberhasilan, dan kuesioner Questionnaire for User Interaction Satisfaction (QUIS) untuk mengukur Satisfaction. Evaluasi awal dilakukan dengan melakukan uji usability yang menghasilkan 8 permasalahan dengan diterangkan hasil wawancara kuisioner QUIS. Evaluasi kedua dilakukan dengan metode yang sama kepada prototype desain solusi yang dirancang dengan pandangan menyelesaikan masalah desain awal. Evaluasi memberikan hasil peningkatan yaitu pada waktu pengerjaan dari 328 detik menjadi 214 detik, tingkat keberhasilan dari 68,3% menjadi 100%, error rate dari 29,1% menjadi 0% , dan tingkat kepuasan dari skor 147 menjadi 232 dengan nilai maksimal 270.