Pengembangan Game Edukasi Mobile Augmented Reality untuk Membantu Pembelajaran Anak dalam Membaca, Menulis, dan Berhitung
Kata Kunci:
Anak-Anak, Augmented realitys, Iterative Rapid Paper PrototypeAbstrak
Pada usia dini(usia lahir-6 tahun) anak-anak mengalami fase perkembangan yang cepat dan mereka mampu menampung berbagai macam pengetahuan, sehingga dibutuhkan sebuah arahan yang baik dalam pendidikan mereka. Media yang dapat digunakan untuk pembelajaran selain dari buku adalah video game. Dengan bermain video game anak-anak mendapatkan media pembelajaran dan bermain yang menyenangkan. Karena itu penelitian ini mengembangkan video game dimana anak-anak bermain dengan game yang dirancang. Teknologi augmented reality digunakan agar game lebih menarik untuk anak-anak dan diharapkan menarik minat dari anak untuk belajar. Game dirancang menggunakan metode iterative rapid paper prototype karena dengan sering dilakukannya iterasi game menjadi lebih baik. Untuk menguji anak-anak apakah game yang telah dirancang menyenangkan dan menarik minat anak dalam belajar calistung menggunakan test fun testing dan hasil yang didapatkan anak-anak menyukai game sehingga mereka pun berminat untuk belajar calistung. Pengaruh game terhadap konsep membaca, menulis, dan berhitung anak-anak didapatkan meningkat setelah rata-rata pre-test didapatkan dengan hasil rata-rata 76 dan dibandingkan dengan rata-rata post-test yang didapatkan dengan hasil rata-rata 80.