Analisis Segmentasi Pelanggan Dengan RFM Model Pada Pt. Arthamas Citra Mandiri Menggunakan Metode Fuzzy C-Means Clustering
Kata Kunci:
Segmentasi Pelanggan, Clustering, Analisis RFM, Fuzzy C-MeansAbstrak
PT. Arthamas Citra Mandiri adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jual beli valuta asing. Perusahaan tersebut belum menerapkan strategi CRM (Customer Relationship Management) sehingga perusahaan masih menerapkan perlakuan yang sama kepada setiap pelanggan. Terdapat beberapa pelanggan yang sering melakukan transaksi tetapi ada juga pelanggan yang jarang melakukan transaksi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah riwayat transaksi pelanggan pada periode Januari 2017 sampai Desember 2017 yang berjumlah 981 transaksi. Segmentasi merupakan suatu proses dalam mengetahui karakteristik pelanggan untuk mendapatkan pelanggan yang menguntungkan bagi perusahaan. Karakteristik setiap pelanggan dapat dilihat menggunakan RFM (Recency, Frequency, Monetary) yang memiliki arti Recency (waktu terakhir pelanggan melakukan transaksi), Frequency (jumlah transaksi yang pelanggan), dan Monetary (jumlah uang yang dikeluarkan). Fuzzy C-Means merupakan salah satu metode pengelompokkan yang dapat dilakukan untuk melakukan segmentasi. Metode Elbow digunakan untuk membantu dalam menentukan jumlah cluster dalam penerapan Fuzzy C-Means. Partition Coefficient dan Euclidean Distance merupakan metode validasi yang digunakan untuk mengetahui cluster terbaik. Pada penelitian ini didapatkan cluster 3 merupakan hasil terbaik. Hasil cluster divisualisasikan dengan dashboard dengan beberapa grafik yang memuat hasil segmentasi pelanggan berdasarkan nilai RFM dari transaksi yang dilakukan pelanggan PT. Arthamas Citra Mandiri. Visualisasi dashboard diberikan kepada perusahaan dan dilakukan usability testing untuk mengetahui efektivitas dari visualisasi dashboard yang dibuat. Hasil dari usability testing yaitu 77.5. Hal ini menunjukkan bahwa dashboard masuk kedalam kategori acceptable atau bisa diterima oleh perusahaan.