Implementasi Cobit 4.1 Domain Deliver and Support (DS) Terhadap Tata Kelola Teknologi Informasi (Studi Kasus: Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tulungagung)

Implementasi Cobit 4.1 Domain Deliver and Support (DS) Terhadap Tata Kelola Teknologi Informasi (Studi Kasus: Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tulungagung)

Penulis

  • Danny Esfarditya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Suprapto Suprapto Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Aditya Rachmadi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Tata Kelola TI, COBIT, Pengelolaan Tingkat Layanan, Deliver and Support, Maturity Level, SOP

Abstrak

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tulungagung merupakan institusi yang memiliki fungsi utama yaitu merumuskan kebijakan, melakukan evaluasi dan pelaporan di bidang layanan komunikasi dan informatika. Namun dalam pelaksanaannya masih belum optimal dan terdapat kendala pada penyampaian dan dukungan layanan TI seperti belum adanya acuan atau prosedur pada beberapa proses sehingga proses tersebut tidak berjalan optimal, sumber daya manusia yang ada masih kurang memadai dalam hal keterampilan dan jumlah. Pihak diskominfo Kabupaten Tulungagung belum pernah melakukan evaluasi tata kelola TI. Oleh karena itu dibutuhkan evaluasi tata kelola teknologi informasi menggunakan kerangka kerja COBIT 4.1 domain Deliver and Support (DS). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendapatkan nilai maturity level yang didapat dari hasil kuesioner dan wawancara dengan koresponden berdasarkan RACI Chart. Kemudian dihitung nilai gap antara nilai maturity level saat ini dengan yang diharapkan pihak diskominfo. Berdasarkan hasil perhitungan sebelumnya, kemudian diberikan rekomendasi. Dari hasil perhitungan maturity level didapatkan hasil rata - rata domain DS sebesar 1.50 dan nilai gap sebesar 1.00 sampai 3.00. Untuk mencapai nilai maturity level yang diharapkan, peneliti memberikan rekomendasi berupa saran yaitu melakukan perencanaan yang baik, melakukan dokumentasi secara formal dan membuat perancangan dokumen Standar Operasional Prosedur (SOP) pada tiap proses domain DS. Rekomendasi tersebut diharapkan dapat diimplementasikan oleh Bidang Penyelenggaraan E-Government untuk mencapai tujuan dalam pengelolaan layanan TI yang lebih baik.

Unduhan

Diterbitkan

02 Jan 2019

Cara Mengutip

Esfarditya, D., Suprapto, S., & Rachmadi, A. (2019). Implementasi Cobit 4.1 Domain Deliver and Support (DS) Terhadap Tata Kelola Teknologi Informasi (Studi Kasus: Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tulungagung). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(2), 1253–1261. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4495

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...