Peningkatan Pengalaman Terhadap Pengguna Aplikasi Katalog Frame Kacamata Menggunakan Teknologi Augmented Reality
Kata Kunci:
augmented reality, pengalaman pengguna, kacamataAbstrak
Kacamata pada jaman sekarang disebut juga sebagai Eye Wear yaitu kacamata menambah estetika pemakai dan jika kacamata yang dibeli pada toko online ternyata tidak sesuai dengan apa yang di bayangkan oleh pembeli karena tidak dapat mencoba kacamata tersebut terlebih dahulu jelas akan menurunkan tingkat kepuasan pembeli itu sendiri, sehingga membuat para pembeli kembali kepada model lama yakni datang langsung ke optik terdekat yang menghabiskan waktu, tenaga dan belum tentu model yang diinginkan tersedia. Dengan memanfaatkan smartphone android dengan teknologi augmented reality pada katalog frame kacamata, calon pembeli dapat berinteraksi dengan mencoba kacamata yang diinginkan kapanpun dan dimanapun sehingga memudahkan konsumen dalam memilih frame yang cocok secara real-time dengan harapan meningkatkan kepuasan pengguna dalam belanja kacamata dan menggunakan aplikasi katalaog frame kacamata. Maka dibuatlah aplikasi katalaog frame kacamata dengan teknologi augmented reality menggunakan software unity dan membandingkan tingkat pengalaman pengguna menggunakan metode user experience questionnaire yang berfokus pada kategori hedonic qualiaty dengan aplikasi katalog frame kacamata yang sebelumnya tidak menggunakan teknologi augmented reality yaitu optik melawai. Setelah dilakukan penelitian hasil yang didapatkan adalah pengalaman pengguna mengalami peningkatan dari nilai 0,688 menjadi 1,513 setelah dilakukan analisis dan pengujian user experience questionairre pada kategori hedonic quality setelah aplikasi katalog frame kacamata ditambahkan teknologi augmented reality.