Pengembangan Sistem Pengelolaan Acara dengan Pendekatan Gamification

Pengembangan Sistem Pengelolaan Acara dengan Pendekatan Gamification

Penulis

  • Ericko Wicaksono Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Bayu Priyambadha Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Fajar Pradana Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

rekayasa perangkat lunak, acara, gamification, website

Abstrak

Acara saat ini sangat sering dilakukan dalam durasi, dan lingkup yang berbeda. Oleh karena itu, pengelolaan acara sangat penting dilakukan. Pengelolaan acara yang telah ada saat ini masih belum baik dikarenakan belum dipakainya teknologi. Masalah tersebut menimbulkan dampak pada kurangnya minat dari pelaku pengelolaan acara. Selain itu, penambahan minat dan semangat dari pengelola acara sangat diperlukan. Maka untuk menambah minat, dan semangat dari pengelolaan acara dilakukan pendekatan berupa gamification dalam pengelolaan acara tersebut. Gamification memiliki beberapa elemen seperti sistem badge, quest, voting, peringkat, dan penghargaan. Oleh karena itu dilakukan pembuatan aplikasi pengelolaan acara dengan pendekatan gamification yang bebasis website untuk memudahkan dalam melakukan pengelolaan acara. Aplikasi dibuat dengan menggunakan framework Springboot dan Vue. Hasil dari penelitian ini terdapat tiga aktor, tiga puluh tujuh kebutuhan fungsional dan satu kebutuhan non fungsional. Serta hasil pengujian yang teruji valid.

Unduhan

Diterbitkan

09 Jan 2019

Cara Mengutip

Wicaksono, E., Priyambadha, B., & Pradana, F. (2019). Pengembangan Sistem Pengelolaan Acara dengan Pendekatan Gamification. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(3), 2243–2250. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4628

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...