Evaluasi Usability Pada Antarmuka Pengguna Aplikasi PLN Mobile Menggunakan Metode Evaluasi Heuristik
Kata Kunci:
evaluasi antarmuka pengguna, usability, evaluasi heuristik, PLN MobileAbstrak
PLN Mobile merupakan aplikasi mobile yang dibangun oleh PT. PLN yang bertujuan untuk memberikan pelayanan listrik melalui mobile apps. PLN Mobile memiliki beberapa layanan yaitu informasi, cek tagihan, penyediaan listrik, pengaduan, dan contact center. Aplikasi PLN Mobile belum bisa mencapai tujuannya dalam memberikan kemudahan pelayanan mobile, karena banyaknya keluhan pengguna pada user review playstore terkait navigasi atau penggunaan aplikasi yang sulit. Oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi usability untuk mengetahui permasalahan usability pada antarmuka aplikasi PLN Mobile. Pada penelitian ini evaluasi usability menggunakan metode heuristik Nielsen. Metode evaluasi heuristik merupakan metode yang digunakan untuk menemukan masalah usability dalam desain antarmuka suatu produk berdasarkan 10 prinsip usability. Evaluasi heuristik pada penelitian ini dilakukan oleh 4 expert usability. Evaluasi heuristik aplikasi PLN Mobile menghasilkan 22 temuan permasalahan dengan nilai rata-rata severity rating tertinggi terdapat pada prinsip H-3 (User control and freedom) yaitu severity rating 2,7. Sedangkan prinsip heuristik dengan persentase temuan terbesar adalah H-4 (Consistency and Standards) dengan prosentase 22,88% dari seluruh temuan masalah. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi perbaikan desain berupa perbaikan tata letak, perubahan tampilan dan penambahan fungsi berdasarkan hasil evaluasi heuristik, yang sangat berguna untuk digunakan sebagai pertimbangan pihak PLN Mobile dalam memperbaiki aplikasi tersebut.