Pengembangan Sistem Informasi Penyambungan Baru Listrik Khusus Pelanggan Getting Electricity Berbasis Web Pada PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Gresik
Kata Kunci:
sistem informasi, penyambungan baru, getting electricityAbstrak
PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Gresik merupakan perusahaan yang terletak di kawasan industri dengan menawarkan jasa ke pelanggan dimana sebagian besar pelanggan merupakan pelanggan bisnis dan industri yang memiliki tegangan listrik menengah yaitu dengan daya 100-200 kVA yang disebut pelanggan getting electricity. Namun dalam melayani penyambungan baru listrik masih terdapat kendala, yaitu Divisi Pelayanan Pelanggan harus bertanya pada setiap divisi yang bertugas untuk mengetahui perkembangan dalam proses penyambungan baru listrik. Untuk menjawab masalah tersebut, maka dilakukan pemodelan proses bisnis, analisis persyaratan, perancangan dan implementasi dengan menerapkan pendekatan berorientasi objek pada Sistem Informasi Penyambungan Baru Listrik. Setelah itu, hasil implementasi sistem diuji untuk mengetahui sistem dapat berjalan sesuai dengan persyaratan yang telah teridentifikasi. Kegiatan pemodelan proses bisnis menghasilkan model proses bisnis As-Is dan proses bisnis To-Be, analisis persyaratan dengan 28 persyaratan fungsional dan 1 persyaratan non-fungsional, serta visualisasi kemampuan sistem dalam diagram use case. Hasil perancangan sistem merupakan model interaksi objek dalam diagram sequence, model objek dalam diagram kelas, rancangan basis data, rancangan algoritme, dan rancangan antarmuka. Hasil implementasi merupakan Sistem Informasi Penyambungan Baru Listrik berbasis web yang diuji dengan 3 pengujian blackbox yaitu pengujian kompatibilitas peramban, pengujian responsivitas tampilan, dan pengujian validasi.