Analisis Kualitas Layanan Website dengan menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance and Performance Analysis (IPA) pada UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno

Analisis Kualitas Layanan Website dengan menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance and Performance Analysis (IPA) pada UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno

Penulis

  • Harry Bali Kusuma Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Suprapto Suprapto Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Hanifah Muslimah Az-Zahra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Website, Webqual 4.0, Importance and Performance Analysis (IPA), Layanan Perpustakaan

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memiliki arti penting dalam membangun kualitas pelayanan perpustakaan. Website merupakan media informasi dan promosi berbasis elektronik yang diharapkan sebagai upaya memberikan layanan di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Hadirnya penelitian ini adalah untuk mengukur kualitas layanan website menggunakan instrumen webqual 4.0 berdasarkan 3 dimensi (usability, information quality, dan service interaction quality), kemudian dianalisis menggunakan Importance Performance Analysis (IPA). Selanjutnya pada akhirnya dapat diketahui layanan yang harus diperbaiki, dan layanan yang sudah sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang dengan menetapkan responden sebanyak 100 orang. Hasil analisis kualitas Website UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno memiliki tingkat kesesuaian sebesar 76% yang berarti kualitas layanan yang diberikan belum memuaskan. Sedangkan nilai kesenjangan (GAP) sebesar -0.81 yang artinya kualitas kinerja website masih belum memenuhi harapan pengguna. Kemudian hasil analisis Kuadran IPA direkomendasikan perlu dilakukan perbaikan yang difokuskan pada kuadran pertama dan kuadran ketiga, kemudian berdasarkan 3 dimensi yang ada pada Webqual 4.0 antara lain dari dimensi usability berkaitan dengan perbaikan konten informasi, dan tampilan Website. Kedua dari dimensi kualitas informasi perlu dilakukan pembenahan untuk akurasi informasi, dan informasi yang detail. Ketiga dari dimensi interaksi perlu dilakukan perbaikan pada ruang personalisasi, kemudahan interaksi pada Lembaga, dan layanan yang dijanjikan.

Unduhan

Diterbitkan

09 Jan 2019

Cara Mengutip

Kusuma, H. B., Suprapto, S., & Az-Zahra, H. M. (2019). Analisis Kualitas Layanan Website dengan menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance and Performance Analysis (IPA) pada UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(3), 2344–2353. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4652

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...