Pengembangan Aplikasi Voice Call Dengan Management Kontak Berbasis Suara Bagi Pengguna Tuna Netra

Pengembangan Aplikasi Voice Call Dengan Management Kontak Berbasis Suara Bagi Pengguna Tuna Netra

Penulis

  • Guidita Suryani Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Herman Tolle Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Tri Afirianto Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

tuna netra, voice call, voice interaction, assistive technology, Human Centered Design (HCD), System Usability Scale (SUS), Mean Opinion Score (MOS) testing

Abstrak

Dengan adanya smartphone memungkinkan setiap orang untuk berkomunikasi baik verbal maupun non-verbal dengan sangat mudah dan dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Namun, bagi penyandang tunanetra yang memiliki keterbatasan dalam konteks visual merasa sulit untuk mengoperasikan smartphone yang kebanyakan menggunakan teknologi layar sentuh dengan layar datar. Untuk mengatasi masalah yang dialami oleh penyandang tunanetra dalam berkomunikasi dengan menggunakan smartphone, maka melalui penelitian ini dilakukan sebuah pengembangan aplikasi komunikasi verbal dalam bentuk panggilan telepon/voice call yang juga mampu menangani manajemen kontak telepon seperti menambah, mengubah data kontak, dan menghapus kontak. Aplikasi ini juga dirancang secara khusus dengan menggunakan voice interaction yang memanfaatkan Google API, sehingga pengguna dapat melakukan kontrol terhadap aplikasi dengan hanya menggunakan suara dan umpan balik yang diterima juga dalam bentuk suara. Dalam perancangan aplikasi ini juga menggunakan pendekatan Human Centered Design (HCD), yang melibatkan calon pengguna dalam setiap proses perancangan sehingga hasil akhir dari aplikasi ini sudah memenuhi kebutuhan pengguna. Berdasarkan pengujian usability menggunakan System Usability Scale (SUS) yang memperoleh rata-rata nilai sebesar 86 yang menunjukkan kualitas aplikasi sudah berada pada rating “excelent†dan sudah dirasa mudah untuk digunakan oleh pengguna. Selain itu kualitas dari layanan voice interaction yang disediakan pada aplikasi juga sudah teruji memiliki kualitas yang baik (Good), yang ditunjukkan berdasarkan nilai rata-rata 4,2 yang diperoleh dari pengujian Mean Opinion Score (MOS) testing.

Unduhan

Diterbitkan

09 Jan 2019

Cara Mengutip

Suryani, G., Tolle, H., & Afirianto, T. (2019). Pengembangan Aplikasi Voice Call Dengan Management Kontak Berbasis Suara Bagi Pengguna Tuna Netra. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(3), 2360–2368. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4660

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...