Analisis Penerimaan Pengguna E-Learning Fakultas Ilmu Komputer Menggunakan Model Unified Theory of Acceptance And Use of Technology (UTAUT) dan Task Technology Fit (TTF)
Kata Kunci:
e-learning, penerimaan, UTAUT, TTF, regresi linier, Kendall TauAbstrak
Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) telah menerapkan e-learning berbasis moodle dengan nama E-Learning Faculty Of Computer Science-UB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi penerimaan Âe-learning pada mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer. Model yang digunakan adalah integrasi Unified Theory of Acceptance and use of Technology (UTAUT) dan Task Technology Fit (TTF) menggunakan metode parametrik dan non parametrik. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online dan offline, dengan jumlah minimal sample 96 dihitung menggunakan rumus slovin. Data yang terkumpul dilakukan uji asumsi dasar normalitas, linearitas dan homogenitas. Data yang lolos uji asumsi dasar dilakukan analisis parametrik menggunakan regresi linier sederhana, sedangkan yang tidak lolos asumsi dasar dilakukan analisis non parametrik menggunakan metode Kendall Tau. Hasil dari penelitian menunjukkan pengaruh performance expectancy terhadap user adoption masuk kategori rendah sebesar 12,7%, social influence terhadap user adoption masuk kategori sempurna sebesar 68,1%, task technology fit terhadap user adoption masuk kategori lemah sebesar 10,4%, technology characteristic terhadap task technology fit masuk kategori sedang sebesar 59,0%. Namun, keseluruhan variabel tersebut terdapat beberapa indikatornya masih memerlukan perbaikan.