Evaluasi User Experience Menggunakan meCUE Questionnaire (Studi Kasus Pada Aplikasi Traveloka Dan Pegipegi)
Kata Kunci:
UX, Traveloka, Pegipegi, meCUE questionnaire, uji validitas dan reliabilitasAbstrak
Traveloka dan Pegipegi merupakan aplikasi sebagai penyedia layanan yang mewadahi penyaluran alternatif tiket pesawat untuk penjualan tiket pesawat secara daring. Banyaknya pengguna sebuah produk atau aplikasi, tentu tidak menjamin kepuasan user experience dari sebuah aplikasi. Framework meCUE Questionnaire adalah kerangka kerja yang digunakan dalam proses evaluasi suatu UX sebuah website atau aplikasi. meCUE Questionnaire layak digunakan pada seluruh jenis penilaian User experience terhadap satu atau beberapa sistem yang interaktif serta terpercaya untuk menganalogikan sebuah beragam produk serta memeriksa berbagai perubahan pengalaman terhadap desain pada penggunaan dalam waktu yang lama. Penelitian ini bertujan untuk melakukan evaluasi user experience terhadap aplikasi tersebut dengan metode meCUE questionnaire agar dapat mengetahui apakah user experience telah dirasa baik atau tidak, dan dari aspek mana yang menyebabkan user experience dirasa masih kurang baik. meCUE questionnaire terdiri dari 4 modul, yakni Modul I (product perceptions), Modul II (user emotions), Modul III (consequences of use) dan Modul IV (overall evaluation) dengan jumlah 34 item pernyataan. Tahap pertama pada penelitian ini, yaitu melakukan penerjemahan kuesioner meCUE dan kemudian disebarkan kepada 60 responden. Selanjutnya, kuesioner yang telah didapatkan hasilnya dihitung pada meCUE questionnaire sehingga hasil evaluasi UX dapat diketahui. Hasil dari perhitungan nilai rata-rata tertinggi untuk Traveloka adalah 5,90 (usefulness), dan nilai rata-rata terendah 2,49 (negative emotions), pada aplikasi Pegipegi nilai rata-rata tertinggi adalah 5,08 (usefulness), dan nilai rata-rata terendah 2,48 (negative emotions). Rata-rata untuk nilai keseluruhan adalah 5,8 untuk Traveloka dan 4,5 untuk Pegipegi.