Perbaikan Proses Complain Website Qoo10.co.id Menggunakan Usability Testing dan Compatibility Behavioural
Kata Kunci:
E-Commerce,Business Process Model and Notation (BPMN),Usability, Behaviour Compatibility.Abstrak
Salah satu e-commerce yang cukup terkenal dan berpusat di Korea adalah Qoo10.co.id, yang memiliki presentase kujungan 28.70% menurut alexa.com. Kasus didalam website Qoo10.co.id adalah konsumen yang memesan barang dengan jumlah dua saat barang datang hanya satu barang yang diterima, konsumen melakukan complain dalam website tidak ada tanggapan dari pihak website. Berdasarkan masalah tersebut akan dilakukan penelitian perbaikan proses bisnis dalam website Qoo10.co.id berdasarkan proses bisnis e-commerce lain yang cukup layak dalam mengatasi masalah complain dan pelaksanaan complain menggunakan form. Penelitian akan mengambarkan BPMN dari 3 website yang dijadikan pembanding yaitu website Bukalapak,Blibli,dan Zalora. Behaviour compatibility digunakan untuk setiap BPMN pembanding untuk mendapatkan kesesuaian behaviour.Usability testing digunakan untuk mendapatkan nilai efisiensi, efektifitas dan satisfication, untuk mendapatkan nilai efektifitas dan efisiensi akan dilakukan dengan task scenario untuk satisfication akan digunakan kuisioner SUS yang akan diisikan 6 responden. Dari hasil perhitungan setiap website pembanding memiliki behaviour yang compatible dan nilai efektifitas dan efisiensi dari setiap website pembanding adalah 100%, nilai satisfication Bukalapak 70,83,Blibli 72,083,Zalora 66,25.Dari perhitungan behaviour compatibility dan usability akan dilakukan pembuatan BPMN dan user interface untuk website Qoo10.co.id, dari perhitungan BPMN tersebut memiliki behaviour yang compatible dan untuk nilai efektifitas dan efisiensi didapatkan nilai 100%, sedangkan untuk nilai satisfication adalah 79,167.