Analisis Sentimen Pada Ulasan Aplikasi BCA Mobile Menggunakan BM25 Dan Improved K-Nearest Neighbor
Kata Kunci:
analisis sentimen, aplikasi mobile, BM25, improved k-nearest neighborAbstrak
Aplikasi mobile banking merupakan salah satu aplikasi yang dianggap dapat memberikan kemudahan dalam kegiatan manusia. Salah satu aplikasi yang banyak digunakan adalah BCA Mobile. Aplikasi ini dapat memudahkan pengguna dalam melakukan beberapa kegiatan keuangan dengan tidak pergi ke bank terkait. Hal ini tentunya sangat bermanfaat dalam menghemat waktu bagi pengguna yang memiliki kesibukan dalam kesehariannya. Dari aplikasi mobile yang ada saat ini, tidak ditemukan adanya fitur analisis sentimen untuk mengelompokkan atau menyaring antara ulasan positif dan negatif. Untuk mengetahui ulasan tersebut tergolong ulasan positif atau negatif, diperlukan analisis sentimen terhadap ulasan tersebut. Proses analisis sentimen diawali dengan pre-processing data, pembobotan kata menggunakan metode BM25, dan dilakukan pengklasifikasian dokumen menggunakan Improved K-Nearest Neighbor. Hasil yang diperoleh berdasarkan evaluasi berupa pengujian 5-fold mendapatkan nilai k-values terbaik sebesar 10, dengan nilai precision sebesar 0,946, recall sebesar 0,934, f-measure sebesar 0,939, dan accuracy sebesar 0,942. Hasil pengujian yang telah dilakukan mendapatkan hasil akurasi yang fluktuatif, karena dipengaruhi oleh besarnya nilai k-values. Namun tidak dipengaruhi oleh jumlah atau proporsi kelas data uji, karena meskipun data jumlah atau proporsi kelas data yang digunakan berbeda tetapi nilai k-values baru menyesuaikan dengan jumlah data uji tiap kelas.