Optimasi Pemetaan Tugas Mengajar Dosen Menggunakan Memetic Algorithm

Optimasi Pemetaan Tugas Mengajar Dosen Menggunakan Memetic Algorithm

Penulis

  • Okvio Akbar Karuniawan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Nurul Hidayat Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Marji Marji Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Optimasi, Pemetaan, Memetic Algorithm, Dosen, Tugas Mengajar, Keminatan Mengajar, Mata Kuliah.

Abstrak

Penyampaian informasi jadwal yang dibuat harus memenuhi aturan akademik yang ada pada suatu lembaga pendidikan. Dalam upaya meningkatkan efisiensi dan relevansi pendidikan, seharusnya hasil pemetaan tugas mengajar dosen sesuai dengan bidang kompetensi dan keminatan pengajar. karena proses penjadwalan yang efektif dapat menentukan keberhasilan kegiatan belajar-mengajar yang optimal. Sehingga aktifitas pemetaan tugas mengajar dosen adalah tugas yang kompleks dan selalu dihadapi oleh pihak akademik tiap semesternya. Pada Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Brawijaya Malang Sampai saat ini proses pemetaan dosen atau pengajar masih dilakukan dengan cara manual dimana pengerjaannya membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan belum optimal, sehingga dibutuhkanlah suatu metode optimasi yang tepat dalam menangani hal ini. Permasalahan ini dapat diselesaikan dengan metode heuristic berbasis populasi, Memetic Algorithm yang telah diterapkan pada berbagai bidang seperti penjadwalan dan penugasan. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan representasi dari angket pemetaan mengajar dosen mata kuliah yang berupa prioritas keminatan mengajar dosen terhadap suatu mata kuliah. Berdasarkan hasil perhitungan, dilakukanlah pengujian untuk mengetahui pengaruh parameter uji terhadap nilai fitness yang dihasilkan. Dari hasil pengujian parameter MA, diperoleh jumlah populasi terbaik sebesar 100, jumlah iterasi terbaik 100, dan kombinasi parameter cr dan mr sebesar 0,8 dan 0,2 dengan nilai fitness yang didapat sebesar 87830. Nilai fitness tersebut merupakan solusi optimal dari generasi 100 karena stop conditioning memetic algorithm berupa iterasi maksimal. Hasil dari parameter Cr dan Mr tidak menjamin jika nilai Cr semakin kecil dan nilai Mr semakin besar atau nilai Mr lebih besar dari Cr akan menghasilkan fitness yang semakin baik tetapi tergantung pada penyesuaian parameter tersebut terhadap representasi kromosomnya.

Unduhan

Diterbitkan

14 Jan 2019

Cara Mengutip

Karuniawan, O. A., Hidayat, N., & Marji, M. (2019). Optimasi Pemetaan Tugas Mengajar Dosen Menggunakan Memetic Algorithm. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(3), 2979–2985. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4839

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...