Evaluasi Tingkat Kematangan Tata Kelola Teknologi Informasi pada Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 4.1 dengan Domain DS (Deliver and Support) dan ME (Monitor and Evaluate)

Evaluasi Tingkat Kematangan Tata Kelola Teknologi Informasi pada Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 4.1 dengan Domain DS (Deliver and Support) dan ME (Monitor and Evaluate)

Penulis

  • Nerissa Arviana Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Suprapto Suprapto Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Yusi Tyroni Mursityo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Evaluasi, Tata Kelola TI, Cobit 4.1, Maturity Level, Deliver and Support (DS), Monitor and Evaluate (ME)

Abstrak

Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya (Poltekkes) adalah sebuah institusi pendidikan tenaga profesional di bidang kesehatan di bawah naungan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan, teknologi informasi (TI) pada Poltekkes masih memiliki beberapa kekurangan dalam penerapannya. Permasalahan yang ditemukan adalah hubungan Poltekkes dengan pihak ketiga sebagai pembuat sistem kurang baik karena pihak ketiga sering kurang merespon permintaan perbaikan sistem yang ada. Hal itu disebabkan oleh kurang detailnya perjanjian yang dibuat oleh kedua belah pihak. Dengan beberapa masalah yang ada, maka diperlukan evaluasi untuk mendapat solusi dari permasalahan tersebut. Tujuan dari diadakannya evaluasi ini adalah untuk mengukur dan mengetahui maturity level pada Poltekkes Surabaya dan mengetahui analisis kesenjangan kondisi tata kelola saat ini. Evaluasi ini menggunakan COBIT 4.1 yang berfokus pada domain Deliver and Support (DS) dan Monitor and Evaluate (ME). Setelah melakukan evaluasi maka dihasilkan nilai maturity level domain DS memiliki nilai rata- rata sebesar 1,41 dan Monitor and evaluate (ME) memiliki nilai rata-rata sebesar 2,5. Dari hasil tersebut maka didapat sebuah rekomendasi yang diberikan, Poltekkes perlu melakukan pemantauan terkait dokumen kontrak yang dibuat apakah sudah berjalan dengan sesuai atau tidak. Selanjutnya membuat dokumen kontrak yang lebih detail dalam pengelolaan masalah yang muncul dan berisi perjanjian yang memastikan bahwa pihak ketiga akan bertanggung jawab saat terdapat permasalahan layanan TI yang dibuat.

Unduhan

Diterbitkan

15 Jan 2019

Cara Mengutip

Arviana, N., Suprapto, S., & Mursityo, Y. T. (2019). Evaluasi Tingkat Kematangan Tata Kelola Teknologi Informasi pada Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 4.1 dengan Domain DS (Deliver and Support) dan ME (Monitor and Evaluate). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(4), 3157–3165. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4890

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...