Evaluasi Tingkat Kematangan Manajemen Layanan Pemantauan Base Transceiver Station (BTS) Pada Unit Network Monitoring System (NMS) Berdasarkan ITIL V3 Dengan Domain Service Operation Pada Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Dan Informasi Kominfo

Evaluasi Tingkat Kematangan Manajemen Layanan Pemantauan Base Transceiver Station (BTS) Pada Unit Network Monitoring System (NMS) Berdasarkan ITIL V3 Dengan Domain Service Operation Pada Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Dan Informasi Kominfo

Penulis

  • Selaras Aura Mahardhika Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Ismiarta Aknuranda Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Yusi Tyroni Mursityo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

layanan pemantauan BTS, ITIL V3, Service Operation, nilai kematangan, nilai harapan

Abstrak

Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) merupakan unit kerja di bawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang bertugas untuk memberikan layanan akses telekomunikasi khususnya pada daerah 3T yaitu daerah Terpencil, Terluar dan Tertinggal. BAKTI memiliki banyak program prioritas, salahsatunya yaitu pembangunan proyek Base Transceiver Station (BTS). Setelah pembangunan BTS terlaksana, dilakukan pemantauan kinerja perangkat BTS dengan menggunakan aplikasi PRTG yang dikelola oleh unit kerja NMS, sedangkan pengguna layanan pemantauan tersebut ialah pihak penyedia komponen BTS. Dalam pelaksanaannya, ditemukan ada beberapa site yang memiliki selisih nilai avaibility antara nilai yang tertera pada PRTG BAKTI dengan nilai yang tertera pada PRTG para penyedia komponen. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui letak penyebab permasalahan yang terjadi dan melakukan evaluasi terhadap manajemen layanan pemantauan BTS terhadap unit kerja NMS yang mengelolanya. Evaluasi ini menggunakan kerangka kerja ITIL V3 dengan menggunakan domain Service Operation. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, nilai kematangan yang didapatkan adalah 1,93 atau berada pada level 2. Dari unit NMS pun menginginkan tingkat kematangan mencapai nilai 2,76 atau pada level 3. Oleh karena itu untuk mencapai nilai harapan yang diinginkan, maka penelitian ini menghasilkan 21 rekomendasi untuk memperbaiki dan memenuhi kekurangan yang ada pada manajamen layanan unit NMS BAKTI.

Unduhan

Diterbitkan

15 Jan 2019

Cara Mengutip

Mahardhika, S. A., Aknuranda, I., & Mursityo, Y. T. (2019). Evaluasi Tingkat Kematangan Manajemen Layanan Pemantauan Base Transceiver Station (BTS) Pada Unit Network Monitoring System (NMS) Berdasarkan ITIL V3 Dengan Domain Service Operation Pada Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Dan Informasi Kominfo. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(4), 3208–3216. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4896

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...