Pengembangan Permainan Edukasi Pengenalan Chord Gitar Berbasis Virtual Reality Dengan Menggunakan Myo Armband

Pengembangan Permainan Edukasi Pengenalan Chord Gitar Berbasis Virtual Reality Dengan Menggunakan Myo Armband

Penulis

  • Aditya Yudha Agung N Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Tri Afirianto Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Issa Arwani Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Virtual Reality, chord gitar, myo armband, permainan edukasi, MDA framework

Abstrak

Di dalam mempelajari gitar, perlu diketahuinya chord-chord dasar yang dapat dipelajari melalui buku ataupun internet. Namun, penggunaan media cetak kurang memberikan pengalaman nyata terhadap peserta didiknya. Oleh karena itu diperlukannya sebuah media pembelajaran interaktif yang dapat memberikan pengalaman nyata kepada peserta didiknya. Dengan menggunakan Virtual Reality dan Myo Armband penelitian ini menggabungkan kedua teknologi tersebut ke dalam sebuah permainan pembelajaran interaktif agar dapat memberikan pengalaman nyata kepada peserta didiknya. Sistem dibangun dengan menggunakan MDA Framework, dengan menjabarkan mekanik, dinamik dan estetik yang ada pada sistem permainan. Sistem diuji dengan menggunakan System Usability Scale (SUS) dan task completion rate untuk menguji User Experience (UX) dari sistem tersebut, black box testing untuk memvalidasi fungsi di dalam sistem serta pre-test - post-test testing untuk menguji pengaruh permainan terhadap peningkatan pemahaman materi. Hasil penelitian menunjukkan nilai dari pengujian SUS sebesar 67,5%, yang mana angka tersebut belum memenuhi standar SUS sebesar 68%. Hasil pengujian black box testing mendapatkan hasil sebesar 100% valid yang mana menunjukkan bahwa fungsional sistem permainan telah berjalan dengan benar. Hasil pengujian task completion memberikan hasil rata-rata sebesar 91,43% dengan standar task completion sebesar 78% yang mana menunjukkan bahwa sistem ini telah baik dari segi tingkat keefektifannya. Dari pengujian pre-test dan post-test didapatkan hasil rata-rata untuk pre-test sebesar 70 dan post-test sebesar 90. Dari kedua nilai tersebut didapatkan selisi sebesar 20 yang menunjukkan bahwa adanya peningkat pemahaman pemain dengan kata lain permainan ini telah berhasil sebagai media pembelajaran interaktif.

Unduhan

Diterbitkan

16 Jan 2019

Cara Mengutip

Agung N, A. Y., Afirianto, T., & Arwani, I. (2019). Pengembangan Permainan Edukasi Pengenalan Chord Gitar Berbasis Virtual Reality Dengan Menggunakan Myo Armband. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(4), 3275–3284. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4909

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...