Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 5 Domain Evaluate, Direct and Monitor (Studi Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Kasitha Wibriyanti Anindita Suprapto Suprapto Yusi Tyroni Mursityo

Abstrak

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo) adalah lembaga pemerintahan yang memiliki tugas untuk menyiapkan bahan pelaksanaan urusan pemerintahan bidang komunikasi dan informasi. Dalam penerapan sistem yang ada pada Diskominfo, masih terdapat beberapa kendala seperti belum ada manjemen risiko dan kurangnya SDM dalam melakukan pengelolaan IT sehingga tata kelola teknologi informasi yang baik belum bisa berjalan dengan maksimal. Dari adanya kendala tersebut maka diperlukan adanya suatu evaluasi tata kelola teknologi informasi pada Diskominfo Jawa Timur dengan menggunakan framework COBIT 5 domain EDM (Evaluate, Direct, Monitor).  Penelitian dilakukan untuk mengetahui capability level pada tata kelola teknologi informasi Diskominfo. Hasil penelitian menunjukan capability level pada proses subdomain EDM01, EDM02, EDM04 adalah berada pada level 2 sedangkan nilai capability level yang didapatkan pada proses subdomain EDM03 dan EDM05 adalah berada pada level 0 dan setiap sub domain memiliki nilai Gap yaitu 1. Agar organisasi mencapai level target yang diharapkan, maka diberikan rekomendasi terkait melakukan pengawasan tata kelola TI, perlu adanya dokumentasi tertulis yaitu Standar Operasional Prosedur (SOP) penanganan risiko dan pendokumentasian pengukuran kinerja teknologi informasi.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Anindita, K., Suprapto, S., & Mursityo, Y. Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 5 Domain Evaluate, Direct and Monitor (Studi Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 4, p. 3469-3477, jan. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4951>. Tanggal Akses: 05 des. 2022
Bagian
Artikel