Evaluasi Faktor Penerimaan Pengguna Sistem Informasi E-Learning Universitas Negeri Surabaya dengan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM)
Kata Kunci:
Evaluasi, Penerimaan, E-learning, Technology Acceptance ModelAbstrak
Universitas Negeri Surabaya sudah menerapkan sistem informasi e-learning berbasis moodle yang digunakan seluruh fakultas secara terpusat untuk membantu dan menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran. Setelah sistem berjalan, perlu diketahui faktor-faktor apa saja yang perlu dibenahi agar e-learning lebih diterima oleh pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat penerimaan dari sistem informasi e-learning Universitas Negeri Surabaya serta memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan metode Technology Acceptance Model (TAM). Pengumpulan data pada penelitian ini digunakan dengan menggunakan pengisian kuesioner online. Penelitian ini menggunakan sampel yang berjumlah 156 responden dan menggunakan teknik stratified purposive sampling. Hasil evaluasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel perceived usefulness, perceived ease of use, educational quality, service quality, system quality, information quality, satisfaction, dan intention to use berada pada kategori tinggi, sedangkan variabel actual use berada pada kategori cukup tinggi. Dengan nilai rata-rata total seluruh variabel 70,85%, variabel educational quality, service quality, intention to use, dan actual use harus mendapatkan prioritas utama untuk diperbaiki karena nilai rata-rata persentase variabelnya masih dibawah nilai rata-rata.