Evaluasi Kualitas Layanan Website Dinas Pariwisata Kabupaten Banyuwangi Dengan Metode e-Govqual, Human Organization Technology (HOT) Fit dan Kano Model
Kata Kunci:
Evaluasi, Kualitas Layanan, Website, e-Govqual, Human Organization Technology (HOT) Fit, Kano ModelAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan website DISBUDPAR Banyuwangi menggunakan metode e-Govqual yang berfungsi mengukur kualitas pelayanan e-Government yang terdiri dari kemudahan pengguna (human) sebagai end user, sedangkan metode Human Organization Technology (HOT)-Fit menambahkan aspek Organization dalam penilaian kualitas layanan dan menegaskan hubungan dua arah (reciprocal) antara organisasi dan manfaat bersih (net benefit) yang diperoleh dari system, dan penggunaan metode Kano Model bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna (end user). Penelitian ini mengumpulkan data dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Kuesioner penelitian terdiri dari 188 pernyataan dengan jumlah sampel 100 responden. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa metode e-Govqual masuk kategori tinggi (80,57%), Human Organization Technology (HOT)-Fit masuk kategori tinggi (81,57%) dan Kano Model juga masuk dalam kategori Tinggi (80,95%). Hasil penelitian ini akan memberikan rekomendasi pada tiap metode dan dipilih variabel-variabel yang memiliki nilai indikator dibawah rata-rata (mean). Untuk metode e-Govqual perlu memperbaiki bagian indikator pada variabel Easy of Use, Trust dan Content and Appearance of Information. Metode Human Organization Technology (HOT)Fit perlu memperbaiki bagian indikator pada variabel Human Factor dan Technology dan metode Kano Model perlu memperbaiki bagian indikator pada variabel Function and Route Planning, Visual Design and Content dan Member Information Management